Sabtu, 20 Desember 2014


Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)

A.    Sejarah dan Pengertian IFRC

Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) adalah suatu Badan yang mendukung aktivitas kemanusiaan yang dilaksanakan oleh perhimpunan nasional atas nama kelompok-kelompok rentan dan bertindak sebagai juru bicara dan sebagai wakil Internasional mereka. Federasi mendukung Perhimpunan Nasional dan ICRC dalam usahanya untuk mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan tentang HPI dan mempromosikan Prinsip-prinsip Dasar Gerakan.
Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) didirikan pada tahun 1919 di Paris pada masa setelah Perang Dunia I. Perang telah menunjukkan perlunya kerjasama yang erat antara Masyarakat Palang Merah, yang, melalui kegiatan kemanusiaan mereka atas nama tawanan perang dan kombatan, telah menarik jutaan sukarelawan dan membangun tubuh besar keahlian. Sebuah Eropa hancur tidak mampu kehilangan seperti sumber daya.
Saat itu Henry Davison, presiden dari American Red Cross Perang Komite, yang mengusulkan pembentukan sebuah federasi dari Perhimpunan Nasional. Sebuah konferensi medis internasional yang diprakarsai oleh Davison mengakibatkan lahirnya Liga Perhimpunan Palang Merah, yang berganti nama pada bulan Oktober 1983 untuk Liga Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, dan kemudian pada November 1991 untuk menjadi Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.
 Sebelum  sebuah perhimpunan baru disetujui oleh  ICRC dan menjadi  anggota Federasi, beberapa syarat ketat harus dipenuhi. Menurut Statuta Gerakan, Perhimpunan Nasional yang baru didirikan, harus disetujui oleh ICRC. Untuk dapat memperoleh persetujuan dari ICRC, sebuah Perhimpunan Nasional harus memenuhi 10 syarat yaitu:
1.      Didirikan disuatu Negara Peserta Konvensi Jenewa 1949 
2.      Satu-satunya Perhimpunan PM/BSM Nasional di Negaranya 
3.      Diakui oleh Pemerintah Negaranya 
4.       Memakai nama dan lambang Palang Merah atau Bulan Sabit Merah
5.      Bersifat mandiri 
6.       Memperluas kegiatan di seluruh wilayah 
7.      Terorganisir dalam menjalankan tugasnya dan dilaksanakan diseluruh wilayah negaranya  
8.      Menerima anggota tanpa membedakan latar belakang 
9.       Menyetujui Statuta Gerakan
10.  Menghormati Prinsip-prinsip Dasar Gerakan dan menjalankan tugasnya sejalan dengan prinsip-prinsip HPI
Tujuan pertama dari IFRC ini adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di negara-negara yang telah sangat menderita selama empat tahun perang. Tujuannya adalah "untuk memperkuat dan bersatu, untuk kegiatan kesehatan, sudah ada Masyarakat Palang Merah dan untuk mempromosikan pembentukan Masyarakat baru".
Ada lima anggota pendiri Masyarakat: Inggris, Perancis, Italia, Jepang dan Amerika Serikat. Jumlah ini telah berkembang selama bertahun-tahun dan sekarang ada 187 Perhimpunan Nasional diakui - satu di hampir setiap negara di dunia.
B.     Fungsi dan Tugas Federasi menurut Anggaran Dasarnya
·         Bertindak sebagai badan penghubung, koordinator dan pendidik di antara perhimpunan-perhimpunan nasional dan memberikan bantuan yang mungkin dibutuhkan mereka.
·         Mendorong dan memajukan berdirinya suatu perhimpunan nasional dari setiap negara.
·         Memberikan bantuan dengan segala cara yang dapat dilakukan kepada para korban bencana.
·         Membantu perhimpunan nasional dalam kesiagaan pertolongan terhadap korban bencana alam termasuk pengaturannya.
·         Mengatur dan mengkoordinasikan bantuan internasional secara langsung dan sesuai dengan ketentuan serta prinsip-prinsip internasional.
·         Mengatur dan mengkoordinasikan keikutsertan perhimpunan nasional dalam kegiatan pemeliharaan kesehatan dan memajukan kesejahteraan sosial masyarakat, dengan cara kerjasama dengan pejabat-pejabat yang berwenang setempat.
·         Mendorong dan mengkoordinasikan pertukaran gagasan di antara perhimpunan nasionaluntuk mendidik anak-anak dan remaja demi tercapainya cita-cita kemanusiaan dan perkembangan persahabatan di antara mereka di semua negara.
·         Membantu perhimpunan nasional dalam menanamkan prinsip-prinsip serta cita-cita dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
·         Memberikan pertolongan kepada para korban pertikaian bersenjata sesuai dengan persetujuan yang ditandatangani dengan Komite Internasional Palang Merah.
·         Membantu Komite Internasional dalam memajukan dan mengembangkan HPI dan bekerjasama dengannya dalam penyebarluasan HPI dan Prinsip-prinsip Dasar Gerakan pada Perhimpunan Nasional.
·         Menjadi wakil resmi dari anggota perhimpunan nasional di kawasan Internasional,antara lain mengambilkeputusan dan rekomendasi yang telah disetujui dalam musyawarah dan menjaga keutuhan perhimpunan nasional serta melindungi kepentingannya.
·         Menjalankan mandat yang dipercayakan padanya oleh konperensi internasional.
IFRC melakukan operasi bantuan untuk membantu korban bencana, dan menggabungkan ini dengan kerja pengembangan untuk memperkuat kapasitas Perhimpunan Nasional anggotanya. Pekerjaan IFRC berfokus pada empat bidang utama: mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, penanggulangan bencana, kesiapsiagaan bencana, dan perawatan kesehatan dan masyarakat.
Rincian lebih lanjut dari pekerjaan ini dapat ditemukan di Apa yang kita lakukan bagian.
Jaringan unik dari Perhimpunan Nasional - yang mencakup hampir setiap negara di dunia - adalah kekuatan pokok IFRC. Kerjasama antara Perhimpunan Nasional memberikan potensi yang lebih besar untuk mengembangkan kapasitas IFRC dan membantu mereka yang paling membutuhkan. Pada tingkat lokal, jaringan memungkinkan IFRC untuk mencapai masyarakat individu.
Peran sekretariat di Jenewa adalah untuk mengkoordinasikan dan memobilisasi bantuan pertolongan untuk keadaan darurat internasional, meningkatkan kerjasama antara Perhimpunan Nasional dan mewakili tersebut Perhimpunan Nasional di bidang internasional.
Peran delegasi lapangan adalah untuk membantu dan menyarankan Perhimpunan Nasional dengan kegiatan pemberian bantuan dan program pembangunan, dan mendorong kerjasama regional. IFRC, bersama-sama dengan Perhimpunan Nasional dan Komite Internasional Palang Merah, membuat Palang Merah Internasional dan Gerakan Bulan Sabit Merah.

C.    Kegiatan-kegiatan IFRC
1.       Promosi Prinsip – Prinsip Dasar dan NIlai – Nilai Kemanusiaan
2.       Tanggap Bencana
3.       Kesiapsiagaan Bencana
4.       Kesehatan dan Perhatian Kepada Masyarakat
5.       Pengembangan Kapasitas Organisasi

D.    Visi IFRC
Untuk menginspirasi, mendorong, memfasilitasi dan mempromosikan setiap saat segala bentuk kegiatan kemanusiaan oleh Perhimpunan Nasional, dengan maksud untuk mencegah dan mengurangi penderitaan manusia, dan dengan demikian memberikan kontribusi bagi pemeliharaan dan promosi martabat manusia dan perdamaian di dunia .

1 komentar:

  1. How To Make Money From Betting on Sports - Work
    What is Sports Betting? What is Sports Betting? How หาเงินออนไลน์ To Make Money From Betting on Sports. This guide will show you how to make money by betting on sports

    BalasHapus